PRASASTI RAJA SORITAON

Main Article Content

churmatin nasoichah

Abstract

Sebagian besar dari prasasti-prasasti di Nusantara, masih harus diteliti dengan seksama karena sekalipun sudah banyak yang dibaca dan diterbitkan namun kebanyakan baru terbit dalam bentuk alih aksara dan alih bahasa sementara, seperti Prasasti Raja Soritaon. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui gambaran menyeluruh terkait Prasasti Raja Soritaon pada makam Batak kuno di wilayah Padang Bujur, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Pengkajian dilakukan melalui penalaran induktif yang bergerak dari fakta-fakta di lapangan yang kemudian diakhiri dengan sebuah kesimpulan sebagai jawaban atas permasalahan yang dikemukakan. Prasasti Raja Soritaon merupakan makam dari seorang pendiri huta/kampung yang bernama Raja Soritaon. Raja Soritaon digambarkan sebagai sosok orang kaya, pendiri kampung Padang Bujur, orang yang dituakan dan dihormati, serta orang yang dapat memutuskan segala permasalahan tanpa bisa diganggu gugat.

Article Details

How to Cite
nasoichah, churmatin. (2017). PRASASTI RAJA SORITAON. Naditira Widya, 11(1), 47-60. https://doi.org/10.24832/nw.v11i1.206
Section
Naditira Widya Vol. 11 No. 1 April 2017
Author Biography

churmatin nasoichah, Balai Arkeologi Sumatera Utara

Peneliti Muda III/c

References

Boechari. 2012. Melacak Sejarah Kuno Indonesia Lewat Prasasti. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Gottschalk, L.1960. Mengerti Sejarah: Pengantar Metode Sejarah. Nugroho Notosusanto (penerjemah). Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.
Kozok, Uli. 2009. Surat Batak. Sejarah Perkembangan Tulisan Batak Berikut Pedoman Menulis Aksara Batak dan Cap Si Singamangaraja XII. Jakarta: EFEO dan Kepustakaan Populer Gramedia.
Nasoichah, Churmatin. 2007. Prasasti Mruwak 1108 Saka (1186 Masehi). Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (Skripsi).
Nasoichah, Churmatin, dkk. 2016. Laporan Penelitian Arkeologi: Penelitian Prasasti dan Naskah Beraksara Batak Beserta Budaya Pendukungnya (Sub-etnis Batak Angkola-Mandailing di Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara). Medan: Balai Arkeologi Sumatera Utara (belum diterbitkan).
Prasojo, Tjahyono. 1991. “Kecenderungan, Arah dan Prospek Studi Paleografi Klasik di Indonesia”, dalam Pertemuan Ilmiah Arkeologi VI, buku ke-1. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.
Sangti, Batara (Ompu Buntilan). 1977. Sejarah Batak. Bona Pasogit: -
Setianingsih, Rita Margaretha, dkk. 2003. Berita Penelitian Arkeologi No. 10. Prasasti dan Bentuk Pertulisan Lain di Wilayah Kerja Balai Arkeologi Medan. Medan: Balai Arkeologi Medan.
Situmorang, Sitor. 2004. Toba Na Sae (Sejarah Lembaga Sosial Politik Abad XIII-XX). Jakarta: Komunitas Bambu.
Tinggibarani, Sutan. 2008. Bahasa Angkola. Padangsidimpuan: (belum diterbitkan).