REKONSTRUKSI BENTUK DAN FUNGSI STRUKTUR SUMUR PUTARAN PADA TAMBANG BATUBARA ORANJE NASSAU PENGARON

Nugroho Nur Susanto, Ulce Oktrivia
| Abstract views: 213 | views: 108

Abstract

. Sumur putaran adalah sebutan masyarakat untuk struktur batubata yang terletak di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar. Struktur ini diduga merupakan sebuah bangunan yang tersisa dari tambang batubara Oranje Nassau Pengaron. Penelitian yang telah dilakukan di lokasi ini belum dapat menjawab secara pasti bentuk asli dan fungsi dari struktur ini pada masa lalu. Berdasarkan hal tersebut, tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan fungsi struktur sumur putaran. Tambang batubara pada umumnya memiliki beberapa bangunan utama yaitu sebuah kantor, rumah sakit, dapur, rumah pekerja. Selain itu, untuk tambang bawah tanah, pada umumnya juga dilengkapi dengan kipas berukuran besar yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi oksigen untuk pernapasan bagi pekerja dan mengurangi efek berbahaya akibat ledakan. Pemahaman sejarah batubara Oranje Nassau, sangat penting dan strategis. Hal ini tidak saja terkait dengan teknologi yang diterapkan, namun menyangkut juga pada hegemoni dan keberlangsungan Kesultanan Banjar. Tulisan ini menggunakan metode diskriptif-komparatif. Data di lapangan akan dibandingkan dengan hasil penelusuran pustaka berupa arsip, foto, dan gambar. Penerapan metode ini menghasilkan asumsi bahwa terdapat beberapa fungsi bangunan yang ada di struktur sumur putaran. Fungsi yang pertama adalah sebagai kantor administratf tambang, sedangkan fungsi yang kedua adalah sebagai rumah kipas ventilasi, fungsi yang ketiga sebagai rumah mesin, dan yang terakhir sebagai Derek atau crane untuk mengangkat batubara atau manusia dari dalam tambang yang terletak di bawah tanah.

Keywords

: struktur, Sumur Putaran, Orange Nassau, tambang, batubara

References

Anonim. Tanpa tahun. De plaats Pengaron. Diunduh 22 Januari 2016 (http://www.geheugenvannederland.nl/?/nl/items/KIT01:100711/&p=1&i=1&t=2&st=pengaron&sc=%28pengaron%29/&wst=pengaron).

Anonim. Tanpa tahun. Het dorp Pengaron. Diunduh 22 Januari 2016 (http://www.geheugenvannederland.nl/?/nl/items/KIT01:100739/&p=1&i=2&t=2&st=pengaron&sc=%28pengaron%29/&wst=pengaron).

Anonim. 1872. Jaarboek van Het Mijnwezen in Nederlandsch Oost Indie. Batavia : Landsdrukkerij.

Anonim. 1900. Meeroever bij Pengaron, Borneo. Diunduh 21 Januari 2016 (http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced/start/1?q_searchfield=pengaron).

Stemler Czn. 1893 Pengaron. Diunduh 21 Januari 2016 (http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced?q_searchfield=pengaron).

Ahyat, Ita Syamtasiyah. 2012. Kesultanan Benjarmasin pada abad ke-19 Ekspansi Pemerintah Kolonial di Kalimantan. Tangeran Selatan : Serat Alam Media

Cantril, T.C. l. 1914. Coal Mining Diunduh 1 Oktober 2014 (www.forgotten books.org).

Dorp, H.M. van. 1861. Pengaron. Diunduh 21 Januari 2016 (http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced/start/7?q_searchfield=pengaron).

Hooze, J.A. 1893. Kolenontginning te Pengaron: aan de rivier Riam Kiwa (diepbouw). Diunduh 21 Januari 2016 (http://www.media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced/start/4?q_searchfield=pengaron).

Lindblad. 2012. Antara Dayak dan Belanda. Malang: Lilin Persada Press.

Malsh, Joseph James. 1915 Mining And Mine ventilation, New York : D. Van Nostrand Publishid.

Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Sleman: Ar-Ruzz Media

Posewitz, Theodor. 1892. Borneo its Geology and Mineral Resource. London: Edward Stanford.

Saleh, Idwar. 1979. Studi mengenai Peranan Pengeran Antasari Dalam Perang Banjar 1859-1865. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Keguruan.

Sjarifudin, H, dkk. 2007. Sejarah Banjar. Banjarmasin: Badan penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Susanto, Nugroho Nur. 2015. Model Pertambangan Batubara Oranje Nassau Pengaron Memberi Inspirasi Penyelamatan Kawasan Pegunungan Meratus. Hlm. 206-216 dalam Budaya di Kawasan Pegunungan Meratus Dalam Perspektif Arkeologi, Editor Bambang Sulistyo. Banjarbaru: Balai Arkeologi Banjarmasin.

Stephen R. Hughes, Malaws, Brian, Parry, Medwyn, dan Peter Wakelin.1994. Collieries of Wales: Engineering and Architecture. Wales: Royal Commision on the Ancient and Historical Monument of Wales.

Tim Peneliti. 2012. Laporan Penelitian Arkeologi Situs pengaron, Kabupaten Banjar,

Provinsi Kalimantan Selatan. Laporan Penelitian Arkeologi. Banjarbaru: Tidak Terbit.

Tim Peneliti. 2014. Penelitian Tambang Batubara Oranje Nassau, Pengaron Tahap II Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Laporan Penelitian Arkeologi. Banjarbaru: Tidak Terbit.

Tim Penyusun. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

William Cory. 2005. Fan and Ventilation: A Practical Guide. Elsevier Science: New York.

Copyright (c) 2016 Naditira Widya
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.